Wednesday, December 22, 2010

Tips dan Trik pemilihan font

Teks dalam suatu desain merupakan sesuatu yang sangat fital, karena sebagian besar informasi disampaikan melalui teks. Sementara saat ini banyak sekali jenis2 font dan memiliki karakter serta pesan yang berbeda. diluar dari pemberian efek atau penambahan desain, sebenarnya suatu jenis font mampu menyampaikan kesan yang berbeda, seperti menarik perhatian pemebaca untuk melihat lebih dulu, menebak huruf sampai font yang terkadang berkesan tidak terlalu penting.

Sekedar dari pengalaman saya dan beberapa referensi buku berkutat di Tipografi, berikut akan saya berikan beberapa tips dan trik memilih dan memahami suatu font dalam mendesain apapun :

1. Pembagian jenis font
Sebelum memiliih font yang tepat, terlebih dulu kita mengetahui pembagian macam2 font. sebenarnya masing2 desainner punya cara sendiri untuk membedakan dari bermacam jenis font dan tentunya dilihat dari tipografi atau bentuknya. namun menurut saya yang paling mudah adalah Serif (co:times roman), san serif(co:arial), script (co: Bradley, Comic Sans), dekoratif (co: Curl MT) dan MonoSpace (co: jenis serif n san serif hanya saja jarak tiap huruf sama).

Kurang lebih seperti itu, saya sendiri g begitu memperhatikan ttg anatomi, geometri dan tetek benek lainnya (nggawe mumet. hehehe). Saya rasa dengan mampu membagi jenis huruf kedalam 5 jenis itu sudah cukup membantu proses Desain.

2. Gunakan font yang se famili agar Display terlihat menarik, biasanya digunakan di naskah-nahkah yg tidak memerlukan kontras yang ekstrem.

3. Gunakan font yang beda famili hal ini untuk membrikan kontras yang berbeda. Dengan hal ini anda harus mampu memberikan keserasian yang saling mengisi agar enak dipandang mata. bisanay untuk judul.

4. Membangun Kontras bisa dilakukan dngan mencari jenis huruf yg beda tebalnya, punya kait atau tidak. dan yg penting jangan menggabungkan font yg beda keluarga tapi mirip, hal ini menghilangkan keharmonisan huruf.

5. Jangan Memperkosa huruf,

bersambung

No comments:

Post a Comment